10 August 2021

Sistem Surat Elektronik Berbasis Sertifikasi Website


Assalamualaikum, mengikuti perkembangan zaman dimana administrasi elektronik menjadi standar baru dalam menyampaikan berita resmi, dan wajib memberikan kepastian hukum atau standarisasi yang terpercaya. Sehingga setiap surat elektronik beserta informasi yang disampaikan dapat dijamin kebenaran isi maupun pembuatnya.

Untuk itu, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Balikpapan membangun sistem verifikasi surat elektronik yang dikirim melalui media sosial, baik melalui email maupun aplikasi chat.

Standarisasi tersebut berupa verifikasi QR Code yang ditanamkan disetiap surat PDF maupun JPG, yang berisi alamat URL link menuju website resmi Dikdasmen.org serta enkripsi RSA 1024 bit yang mengunci dokumen dari perubahan dan pemalsuan.

Standarisasi ini menjamin keaslian surat, validasi isi surat, maupun tandatangan digital yang ada pada setiap surat elektronik yang kami kirimkan. Setiap QR Code yang ditanamkan berbeda-beda dan unik mengikuti nomor surat, perihal, tujuan dan tandatangan pengirim.

QR Code yang ditanamkan disetiap surat elektronik resmi memiliki jenis yang paling dasar, agar lebih mudah diverifikasi oleh semua jenis perangkat ponsel dan kamera digital. QR Code tersebut juga tidak memiliki masa kadaluarsa, dan dapat di Scan berkali-kali tanpa batas limit tertentu.

Selain menggunakan QR Code, kami juga menempatkan perlindungan enkripsi 1024 bit RSA kedalam QR Code, agar terverifikasi perubahan-perubahan yang terjadi pada dokumen tersebut. Enkripsi tersebut mengantisipasi pemalsuan dokumen dan menjaga keaslian dokumen tetap terjaga dengan baik.

Setiap surat digital yang kami kirimkan, memiliki halaman verifikasi tersendiri pada domain website resmi Majelis DIKDASMEN PD Muhammadiyah Balikpapan www.dikdasmen.org 

Previous Post
Next Post