28 August 2021

UPDATE: Persiapan Diri Menjadi Guru Tetap Persyarikatan (GTP/GTY)

Didalam aturan Muhammadiyah bidang pendidikan, atau Ketentuan Kepegawaian Muhammadiyah yang diterbitkan tahun 2017. Telah diatur secara resmi syarat menjadi Guru Tetap Persyarikatan GTP/GTY yang berlaku di seluruh sekolah Muhammadiyah. 

Berikut kami ringkaskan sesuai kebijakan untuk Daerah Kota Balikpapan.
1. Telah menjadi Guru Tidak Tetap atau Guru Honorer selama 2 tahun, dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Kepala Sekolah dan SK Penugasan 2 periode terakhir
2. Memiliki kartu anggota Muhammadiyah, atau Nomor Baku Muhammadiyah (NBM) atau yang sedang diproses beserta buktinya
3. Memiliki nilai rata-rata penilaian Kinerja Pegawai minimal Baik dalam 2 tahun terakhir, baik secara akademik dan aturan Sekolah, dibuktikan dengan Rekomendasi dari Kepala Sekolah induk. 

PROSEDUR PENGAJUAN GTP/GTY
1. Guru mengajukan secara tertulis surat permohonan ke Kepala Sekolah menyertakan lampiran copy dokumen SK Pengangkatan Honor, SK Penugasan atau pembagian jam kerja dan scan kartu NBM

2. Kepala Sekolah menerima berkas guru dan melampirkan tambahan surat permohonan ditandatangi Kepala sekolah dan stempel Sekolah, ditujukan ke Majelis DIKDASMEN PDM Balikpapan

3. Dalam hal Sekolah dikelola oleh Majelis DIKDASMEN PCM, maka surat permohonan Kepala Sekolah beserta berkas guru diajukan dahulu ke tingkat PCM. Kemudian PCM memberikan rekomendasi ke Majelis DIKDASMEN PDM Balikpapan. 

4. Khusus Pondok Pesantren, rekomendasi dikeluarkan oleh Kepala Sekolah dan Mudir ditujukan ke Majelis DIKDASMEN PDM Balikpapan. 

5. Majelis DIKDASMEN PDM Balikpapan melakukan verifikasi melalui data operator yayasan, serta diberikan Nomor Kepegawaian, lalu menerbitkan rekomendasi ke PDM Balikpapan untuk dibuatkan SK GTP/GTY oleh PDM Balikpapan. 

6. Jika belum memiliki NBM dapat dibuat secara online di website https://nbm.muhammadiyah.or.id dan sebagai syarat pembuatan NBM wajib melakukan pendaftaran manual juga di PCM-PCM tempat tinggal para calon GTP/GTY. Berikut nama-nama Pimpinan Cabang Muhammadiyah disekitar Kota Balikpapan:
- PCM Balikpapan Kota: Bpk. Khairil Anwar Diniy (HP: 0812-5478-2454)
- PCM Balikpapan Tengah: Bpk. Syawal (HP: 0813-4648-6589)
- PCM Balikpapan Selatan: Bpk. Arifin (HP: 0853-8861-7277)
- PCM Balikpapan Barat: Bpk. Marmin (HP: 0838-0459-3994)
- PCM Balikpapan Timur: Bpk. Mansur (HP: 0852-4741-8302)
- PCM Balikpapan Utara: Bpk. Sudir (HP: 0895-1047-7644)
Sedangkan Pimpinan Ranting tidak perlu diberi tandatangan pada formulir, dikarenakan belum terbentuk secara resmi untuk wilayah Kota Balikpapan.

7. Jika proses pembuatan NBM sudah berada pada tahap Transfer biaya pengiriman kartu, silahkan mengupload bukti transfer tersebut sebagai pengganti dokumen NBM yang sedang diproses.

PROSEDUR PERPANJANGAN SK GTP/GTY
1. SK GTP/GTY hanya berlaku selama satu tahun. Wajib dilakukan perpanjangan dengan melampirkan SK GTP/GTY terakhir dan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah induk sebagai evaluasi kinerja GTP/GTY disekolahnya.

2. Seorang Guru Tetap harus tidak pernah melanggar Standar Aturan Kepegawaian dan Pakta Integritas GTK Muhammadiyah yang berlaku disekolahnya masing-masing. 

3. SK GTP/GTY khusus perpanjangan hanya dikeluarkan oleh Majelis DIKDASMEN PDM Balikpapan saja, tidak lagi melalui PDM Balikpapan.

Latest
Next Post